Horizon Scanning for Biodiversity

Horizon scanning merupakan suatu proses yang fokus tujuannya untuk mendeteksi tanda-tanda dini atau suatu pola ancaman yang dapat terjadi di masa mendatang dan berdampak pada kehidupan. Data yang diperoleh dari Horizon scanning dapat menjadi suatu acuan untuk merencanakan upaya-upaya mendatang. Baik untuk mencegah terjadinya ancaman, atau untuk konservasi  supaya meminimalisir ancaman tersebut.

Metode :

Manfaat :

    1. Mengidentifikasikan risiko dan menganalisis peluang konservasi sehingga dapat meminimalisir dan memaksimalkan kejadian di masa mendatang. 
    2. Membantu dalam pembuatan kebijakan konservasi dengan mengidentifikasikan kebutuhan atau kesenjangan yang penting untuk masa mendatang. 
    3. Menyatukan para ahli di bidang subjek yang berbeda untuk membahas masalah umum dan mengembangkan solusi yang layak.
    1. Contoh kasus

    Potensi dan Ancaman Ekstraksi Litihum dari Dasar Laut Dalam.

             Lithium menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan di dunia modern. Salah satunya adalah kegunaanya menjadi bahan baku baterai, mulai dari alat-alat elektronik kecil hingga kendaraan elektrik. Diketahui bahwa di danau dasar laut bersalinitas tinggi (deep-sea brine pools) dapat menjadi sumber ekstraksi lithium melalui teknologi solid-state electrolyte membrane (SSEs membrane). Dengan teknologi tersebut, kebutuhan lithium akan terpenuhi dengan mudah.

             Dibalik keefektifan energi dan keuntungan yang bisa didapatkan dari ekstraksi lithium di dasar laut, tentu saja akan memberi dampak negatif bagi ekosistem di laut dalam. Di ekosistem laut dalam memungkinkan ditemukannya hewan-hewan endemik yang belum diketahui sebelumnya.  Begitu pula dengan mikroorganisme extremophilic yang berpotensi bagi kebutuhan biomedis. Dengan begitu perlu perhatian dan tindakan khusus mengenai potensi sekaligus ancaman yang dapat ditimbulkan dari ekstraksi lithium di dasar laut (Herbert-Read et al., 2022).

    Herbert-Read JE, Thornton A, Amon DA, Birchenough SNR, Cote IM, Dias MP, Godley BJ, Keith SA, McKinley E, Peck LS, Calado R, et al. 2022. A global horizon scan of issues impacting marine and coastal biodiversity conservation. Nature Ecology & Evolution. 6 (2022) : 1262-1270.

    Tinggalkan komentar