Hippomane mancinella Pohon Paling Mematikan di Dunia

Hippomane berasal dari 2 kosakata Yunani, yaitu hippo yang berarti kuda dan mania yang berarti amarah. Nama manchineel berasal dari Spanyol “manzanilla” yang berarti apel kecil. Manchineel merupakan tanaman semak tinggi yang mencapai 50 kaki. Daun menyirip, berselang-seling, halus dan bergerigi, dan panjangnya 2-4 inchi. Setiap daunnya memiliki kelenjar kecil tempat daun menempel pada batang. Kayu berrwarna coklat kemerahan hingga keabuan dan terlihat berkerut. Bunga berwarna hijau kuning dan tidak mencolok. Buah berbentuk seperti apel dan berwarna hijau saat muda dan saat matadengan ukuran 1-2 inchi.

Pohon Manchinella berasal dari Florida Selatan, the Keys, Pulau Karibia, Meksiko, dan Amerika Tengah. Pohon ini biasa tumbuh di sepanjang pantai dan rawa-rawa payau di antara hutan bakau.

Semua bagian tumbuhan sangat beracun dan mematikan apabila berinteraksi atau menelan bagian manapun dari pohon. Pohon ini menghasilkan getah kental seperti susu yang keluar dari daun, ranting, kulit kayu, dan buah. Jika terkena kulit, getah tersebut akan menyebabkan luka bakar , radang mata, dan kebutaan.

Secara komersial dapat digunakan untuk membuat furnitur dan dijemur di bawah sinar matahari. Bagi penduduk asli, getah dari tanaman tersebut dijadikan pelapis tanah untuk berburu. Getah tanaman Manchineel dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kelamin dan buahnya dapat digunakan sebagai obat diuretik.

Referensi :

Andreu MG and Friedman MH. 2012. Hippomane mancinella, Manchineel. EDIS. 10 : 1-2.

Tinggalkan komentar