Kelompok Studi Biodiversitas

 

VISI

Menjadikan Kelompok Studi Biodiversitas sebagai sarana pengembangan potensi dan peningkatan keilmuan mahasiswa untuk mencetak ilmuan-ilmuan muda dalam bidang keanekaragaman hayati serta secara aktif menjadi lembaga yang peduli terhadap isu perubahan lingkungan dan konservasi keanekaragaman hayati.

MISI

  • Kreatif dan inovatif dalam mempelajari dan menjaga kekayaan hayati yang diwujudkan dalam suatu penelitian-penelitian ilmiah yang disesuaikan dengan permasalahan yang ada
  • Meningkatkan wawasan dan menumbuhkembangkan sikap cinta terhadap alam sekitar kepada mahasiswa dan masyarakat dengan kegiatan-kegiatan yang edukatif dan rekreatif berbasis biodiversitas sebagai usaha untuk mencetak kader-kader konservasi
  • Melakukan dan mendukung segala kegiatan yang berhubungan dengan konservasi keanekaragaman

Kelompok Studi Biodiversitas akan selalu mengupayakan Eksplorasi dan Konservasi keanekaragaman hayati dengan Ekspedisi.

 

Divisi Kelembagaan 

Sekretaris Umum
Peran sekretaris umum dalam suatu organisasi merupakan peran yang bisa menentukan serta merupakan sentral utama dalam mengembangkan suatu organisasi. Terkait dengan sekretaris, ketertiban administrasi juga bisa dijadikan acuan dalam gerak langkah yang akan dilakukan. Tugas  sekretaris adalah melakukan penataan administrasi berupa penyimpanan dokumen – dokumen, pengaturan arus surat-menyurat, perekapan data anggota, dan pencatatan agenda rapat. Hal lainnya adalah mengontrol keberjalanannya suatu kegiatan.

Bendahara Umum
Bendahara umum berperan dalam segala urusan terkait dengan keuangan organisasi mulai dari perencanaan anggaran keuangan kegiatan, pengadaan dana, pembelanjaan atribut dan perlengkapan organisasi dan rekapitulasi keuangan.

Divisi Kaderisasi
Divisi Kaderisasi merupakan divisi yang terlibat dalam proses perekrutan anggota baru, kegiatan pengakraban anggota, dan kegiatan untuk meningkatkan sense of belonging para anggota. Alur kaderisasi Kelompok Studi Biodiversitas dimulai dari pengenalan pada mahasiswa baru sampai pengukuhan sebagai anggota.

Divisi Riset dan Ilmiah
Divisi Riset dan Ilmiah menjadi kunci utama dalam kemajuan KS BIODIV, dengan menyalurkan ide-ide dan ilmu yang mampu menambah wawasan untuk semua anggota Kelompok Studi Biodiversitas. Dengan memunculkan metode pembelajaran yang mampu diterima oleh semua anggota KS BIODIV dan didasarkan pada kurikulum KS yang telah ditetapkan sehingga bidang riset dan ilmiah diharapkan mampu menjadi tonggak kunci utama kemajuan ilmu pengetahuan dan wawasan untuk semua anggota KS BIODIV.

Divisi Humas dan Infokom
Peran Bidang Humas dan Infokom dalam suatu organisasisi  yaitu sebagai tonggak untuk berhubungan dengan bagian di luar KS BIODIV dengan melakukan studi banding untuk mengenal organisasi lain sehingga dapat menambah relasi organisasi. Dalam menjalin suatu kerjasama dengan organisassi lainnya, selain itu Bidang Humas dan Infokom juga mempunyai peranan dalam penyebaran informasi ke dalam anggota KS BIODIV sendiri. Kegiatan lainnya adalah mendokumentasikan segala kegiatan kelompok studi yang nantinya akan dipresentasikan dalam beberapa bentuk media.

Divisi Konservasi
Divisi Konservasi merupakan divisi yang baru terbentuk pada kepengurusan tahun 2015 ini. Divisi ini terlibat langsung dalam kegiatan pengabdian masyarakat, edukasi, dan penyuluhan mengenai konservasi makhluk hidup.

Tinggalkan komentar