CAMP CONSERVATION 2016

13221156_913056202138997_8705081871938367686_o

Dalam rangka memperingati hari biodiversitas internasional kemarin, ks biodiv mengadakan acara yaitu Camp Conservation dengan tema “Konservasi Gunung Lawu” pada tanggal 21-22 Mei 2016 yang dilaksanakan di Segoro Gunung Karanganyar lebih tepatnya yaitu di Sumadi Corner. Pengambilan tema Konservasi Gunung Lawu dikarenakan Gunung Lawu sendiri akir-akhir ini mengalami kerusakan yang amat besar yaitu adanya kebakaran hutan, dari kebakaran hutan tersebut sangat berdampak dengan kehidupan flora dan fauna di Gunung Lawu, tak sedikit fauna yang turun ke daerah bukan wilayahnya untuk terhindar dari bencana tersebut.

            Dalam acara tersebut kami bekerja sama dengan Perhutani, Kelompok Studi Kepak Sayap, LMDH Gunung Lawu, Belantara Indonsia dan AGL (Anak Gunung Lawu) untuk mengisi acara camp conservasi. Dalam acara tersebut diawali dengan perkenalan antar semua peserta, beberapa organisasi yang mengikuti acara ini yaitu dari Mahafisippa UNS, Haliaster UNDIP, Sentraya Bhuana UNS, Mapala Specta, Rumah Konservasi Indonesia, Garba Wira Bhuana, Biolaska Jogja, KSE Biologi UGM dan kami kedatangan tamu istimewa dari LIPI Purwodadi yaitu mas Rony serta tamu lain yang sama-sama tertarik di bidang konservasi.

            Setelah adanya games perkenalan lalu dilanjutkan dengan pemaparan keadaan gunung lawu meliputi beberapa keanekaragaman flora dan fauna yang telah di kaji melalui ekspedisi wukir mahendra hasil kerjasama ks biodiv dengan ks kepak sayap serta pihak-pihak yang mendukung lainnya. Setelah itu keesokan paginya dilakukan birdwatching bersama KS Kepak Sayap di wilayah Segoro Gunung. Lalu poin utamanya yaitu penyampaian materi dan diskusi konservasi bersama dengan Mas Ragil Pembelajar YANG MERUPAKAN Kabid Koservasi Belantara Indonesia, Bapak Sumadi sebagai Kepala LMDH Segoro Gunung, Bapak Rimin Maridi sebagai Mandor Perhutani Dk Nglerak Segoro Gunung dan tentunya AGL (Anak Gunung Lawu) yang diwakili oleh beberapa anggotanya. Dalam acara tersebut para embicara memaparkan tentang konservasi dan keadaan hutan, terutama hutan di kawasan Gunung Lawu yang mana harus bersama-sama dilakukan konservasi. Dalam acara tersebut berlangsung sangat meriah karena dapat menarik peserta untuk saling mengungkapkan gagasan dan masukan untuk menjaga kondisi Lawu.

Selain acara yang telah berlangsung secara lancar, diharapkan dalam acara ini memiliki follow up dalam kegiatan konservasi nantinya, karena dari hal kecil yang kita lakukan untuk alam akan berimbas hal yang sangat besar untuk kita sendiri. Karena kita yang berbuat maka kita juga yang menanggung akibatnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: