Ekspedisi Wukir Mahendra 2015

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

ALL CREW

Pertengahan tahun 2015 adalah waktu dimana kami melakukan Ekspedisi Wukir Mahendra untuk keduakalinya. Pada kegiatan ini, kami KS BIODIV bersama dengan KS Kepak Sayap melakukan inventarisasi dan memetakan potensi keanekaragaman hayati Gunung Lawu. Berbeda dengan tahun lalu, kali ini lokasi penelitian kami berada di lereng barat. Selain itu juga, kami melakukan pengkajian mengenai kehidupan sosial budaya masyarakat sekitar. Berawal dari proses penjaringan anggota yang kemudian diikuti dengan pembinaan latihan jasmani dan fisik, kami para anggota Kelompok Studi yang dinyatakan lolos kualifikasi kemudian dibagi menjadi beberapa tim berdasarkan tema kajian, yaitu Avifauna, Flora, Fauna dan Sosial Budaya. Selanjutnya pembinaan materi dilakukan secara bertahap selama satu bulan menuju hari H-pelaksanaan. Ekspedisi Wukir Mahendra 2015 dilaksanakan pada tanggal 7 – 14 Agustus 2015.

Jpeg

Pendakian Gunung Lawu

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jejak Langkah EWM 2015

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tim Avifauna mengkaji mengenai burung, Tim Fauna mengkaji mengenai kupu-kupu, capung, reptil dan amfibi, Tim Flora mengkaji mengenai vegetasi hutan, anggrek, dan tumbuhan epifit (paku & lumut) serta Tim sosial budaya mengkaji sejarah, adat dan budaya masyarakat. Banyak hal menarik yang kami temukan pada ekspedisi ini, baik flora fauna maupun kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Hasil dari penelitian ini kemudian memunculkan ide-ide segar yang kami tuang menjadi beberapa makalah ilmiah dan siap dipublikasikan. Selama bulan September – November 2015 sudah 13 makalah hasil Ekspedisi Wukir Mahendra 2015 yang telah terpublikasi.

Diantaranya pada :

  1. International Conference, Contribution of History for Social Sciences and Humanities di Malang (Anindita Prabawati)
  2. International Conference on Life Sciences and Biotechnology Universitas Jember (Diagal Wisnu Pamungkas, Muhammad Arif Romadhon dan Euis Citra Ayu Ruspendi)
  3. Seminar Internasional dan Seminar Nasional Biodiversitas UNS Solo (Ulfah Hasanah, Agnes Audina Krisanti, Dafi Al-Anshori, Agika Manjaswari, Ayu Sulistiyaning Utami dan Fatimah Nur Hidayah)
  4. Seminar Biosains Universitas Udayana Bali (Winda Ika Maylani, Rekyan Galuh Witantri, Fendika Wahyu Pratama, Zenita Milla Lutfiyah dan Annisa Septiasari)

Divisi Riset dan Humas KSBIODIV

Iklan
Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: